Puput Puser (Upacara Kepus Puser)

Pas 7 hari dedek dah puput pusernya… jadinya ibu mertua membuatkan upacara untuk itu. Kebetulan ibu saya dateng dari negara. Blio dateng bersama bibi saya… kebetulan dong yah…pas hari dimana dedek pusernya puput…

Nah menurut tradisi di keluarganya suami, pas puput puser adalah saatnya bertanya kepada orang pintar (semata-mata karena hindu percaya yang namanya re-inkarnasi)… berangkatlah suamikuh, ibu mertua, adik ipar dan bibi saya ke tempat “balian” itu…

Saya sudah tidak sabar mendengar cerita mereka… Ternyata “balian” bilang yang inkarnasi itu sodara kandung kakek buyutnya… trus bilang bahwa dedek agak susah lahirnya dan ga mau lewat *****, soalnya yang mau inkarnasi tuh orang penting.. (aku berpikir sejenak kok baliannya tau kalo aku di SC padahal kan ga ngomong apa2, trus nama kakek dan istrinya juga dia tau) hebat deh tuh baliannya.. lalu bilang lagi kalo buat nama harus ada nama “jaya” dan “dharma”

Nah setelah itu kami siap2 neh mau upacara kepus puser sekalian digabung dengan upacara ngelepas hawon. Menurut http://www.babadbali.com/canangsari/banten/12hari.htm, Bahwa pada sat ini Sang anak biasanya baru diberi nama (nama dheya) demikian pula sang catur sanak atau saudara keempat kita setelah dilukat berganti nama di antaranya: Banaspati Raja, Sang Anggapati, Banaspati dan Mrajapati.

Upacara ini untuk ibu dan si anak. Untuk ibunya dimohonkan supaya sehat selalu dan dilakukan pebersihan agar tidak cuntaka, jadi sudah boleh keluar rumah… berikut ini bantennya.. untuk puser yang pupus : Puser bayi yang telah lepas dibungkus dengan kain putih lalu dimasukkan ke dalam “ketupat kukur” (ketupat yang berbentuk burung tekukur) disertai dengan rempah-rempah seperti cengkeh, pala, lada dan lain-lain, digantung pada bagian kaki dari tempat tidur si bayi.

Kepus puser dedek
Kepus puser dedek

One thought on “Puput Puser (Upacara Kepus Puser)

  1. halo selamat sore, saya reporter di Jakarta sedang menulis tentang upacara adat utk anak/bayi. boleh kiranya sharing cerita tentang hal ini untuk di artikel saya? trims. mohon confirmnya ya.
    boleh e-mail ke hihi_nih@yahoo.com. terima kasih banyak…ya!

Leave a Reply

