Keguguran Spontan dan Mitos

Setelah membaca beberapa forum diskusi tentang kehamilan, saya jadi ingat kejadian yang pernah menimpa saya. Pada saat itu(Oktober 2007) saya telat haid 3 hari.. Karena saya tidak pernah telat, saya sudah mulai berpikir mungkin saya hamil (pede bangedd yakz), saya test ternyata benar ada dua garis tapi yang satu samar2. Saya mulai merasa senang.. (bahkan terlalu ria menurut suami saya) hehehe.. kata forum diskusi dan referensi yang lain, kalo sudah ada dua garis di testpack, kemungkinan besar hamil dan bisa diyakini 90% hamil, cuman menunggu kada HCG saja yang mungkin belum tinggi… Tepat seminggu telat saya test pack lagi (berharap kali ini dua garis samarnya lebih terang)… karena saya masih belum yakin juga 100% kalo saya hamil apalagi tidak ada tanda2 seperti orang hamil, yang banyak orang bilang mual, muntah, meriang, dan lain-lainnya. Ternyata hasilnya masih samar-samar juga tapi lebih aga terang sedikit (entahlah apa saya meyakinkan diri sendiri bahwa memang garis samarnya yang lebih terang atau memang aga terang tapi belum bisa dibilang terang bangedd.)… saya mulai khawatir.. tapi saya surprise juga karena ga nyangka bisa langsung jadi after merit.. trus karena ibu mertuaku tahu blio dah mulai crita-crita ke sodara-sodara yang kebetulan ketemu. Alhasil saya juga ikut ria menceritakan kalo saya dah test pack dan hasilnya positif.

Tapi hati ini ga bisa diboongin masih penasaran, hari ke-10 setelah telat saya test pack lagi tapi hasilnya teteup ajah samar-samar… (saya pikir karena pake test pack murahan yang harganya 2rb tea). Lalu hari ke-11 setelah telat saya mengalami flek2 setelah ML, saya pikir karena saking hebatnya mudah2an gpp pikir saya. Hari ke-12 setelah telat saya keluar haid.. saya nangis sejadi-jadinya… How Come? saya diantar sama ibu mertua dan suami ke bidan sebelah rumah.. bidannya test pack lagi.. hasilnya benar2 negatif.. jadi dia berani memastikan kalo saya tidak sedang hamil… saya bingung.. kok bisa jawabannya :”kalo memang testpacknya tidak terang seperti garis negatif ini berarti memang tidak hamil”… saya masih bengong dengan penjelasan bidannya

Akhirnya saya menemukan jawabannya : saya mengalami keguguran spontan… pada fase setelah telat haid sudah terjadi penebalan endometrium untuk menyiapkan calon janinnya. Tapi karena pembuahan dengan sperma atau sel telur yang kurang baik kualitasnya, maka pembuahan tersebut tidak dapat berlangsung lama dan tidak dapat bertahan akhirnya gugur. Keguguran spontan 90% biasanya disebabkan karena bibit yang kurang bagus… Keguguran spontan biasanya tidak perlu dikuret.. karena bisa luluh sendiri… proses seleksi alam di dalam rahimlah yang menyebabkan gugur seperti mens biasa cuman memang agak lebih sakit mulesnya.

Bulan depannya saya haid lagi seperti biasa. Dan syukurnya bulan depannya lagi (Desember) saya sudah telat lagi.. kali ini di hari ke-2 saya telat saya langsung melihat 2 garis yang sangat terang.. wuih senang sekali… Nah karena ada pengalaman sebelumnya saya dan suami bersikap sangat hati2.. bisa saja kan 10% dari keguguran spontan itu karena kelalaian kita sedang terjadi pada saya waktu itu , akhirnya setelah tahu saya telat dan test pack positif, saya melakukan list-list berikut sesuai kesepakatan saya dan suami :

– Jangan menunggu sampe 1 bulan telat baru ke dokter(dulu sodara2 banyak nyaranin kek gitu, katanya biar yakin dulu) atau jangan menunda2 diri untuk ke dokter kalau hasil test menunjukkan sudah ada dua garis walaupun samar, ini penting untuk memastikan kandungan kita kuat atau tidak, lalu memastikan apakah sudah ada janin atau kantung janin

– Jangan terlalu ria sebelum semuanya jelas… nanti malah ga enak kalo semuanya ga jadi… kalo ditanya senyum ajah lalu bilang :’Mudah2an yah jadi.. ini dah telat soalnya… doain yah…”

– Jangan bepergian ke pura-pura yang jauh (saya dulu pergi dua kali ke bangli dan klungkung yang lumayan jauh).. kata sodara ada beberapa pura yang ga boleh dimasukin oleh orang cuntaka (sebel), disamping juga takut karena kecapean

– Dalam keadaan hamil, menurut adat di bali jangan menjenguk orang meninggal(karena keadaan kita sudah cuntaka ditambah lagi ke rumah orang cuntaka, maka khawatir ada butha kala yang mengganggu), kalo ada hajatan pernikahan sodara, jangan sampe berpapasan dengan pengantin yang baru datang… usahakan kitanya pergi dulu kemana gituh begitu tau pengantin akan datang atau amannya datang saja resepsi.. Karena menurut adat bali, orang yang menikah apalagi misalnya ceweknya mepamit duluan, maka si cewe dalam keadaan cuntaka, jadi bahaya untuk bumil..

– Untuk amannya pastikan ML dalam keadaan yang aman.. jangan terlalu kontraksi yang berlebihan…

– Jangan stress dan jangan terlalu cape..

Tapi yang paling penting siy berdoa dan pasrahkan saja semuanya kepada Yang di Atas, semua pasti sudah diatur sesuai kehendak-Nya…


2 thoughts on “Keguguran Spontan dan Mitos

  1. tgl 15 april sy cek dgn DT ada 2 garis,tp yg satu samar2,pdhl sy blum telat haid,klo lancar,haid tgl 23 april.trus gmn dooong?m

  2. Samaa bund, aku juga ngalamin persis kyak kmu,stlah 5 bulan nikah seneng bgt begitu liat tespek 2 garis wlopun samar, waktu itu aku msi 3 hari sblum waktu haid,aku ulang 3 hari kemudian,masi positif samar.dan saking senengnya uda cerita2 ke byak orang. Daan eng ing enggg….bsoknya aku kluar flek,dan kluar darah seperti mens,mau nangis rasanya…kata dokter kandungannya sih emg keguguran,tapi beliaunya mensarankan balik lagi 2 minggu lagi, buat usg transvaginal…doain ga perlu dikuret ya bun,karena kehamilan 4/5 mggu pertama biasanya keluar sendiri. Selamat atas kehamilannya bun,doain aku bisa nyusul yah… *eh tambahan mitos nih klo orang jawa katanya ga boleh makan telur ayam muda pas hamil, hehehhehe…semoga sehat baby dan bundanya🙂

Leave a Reply

