Nyepi… Tahun Baru Caka 1930..

Nyepi pertama

Ini nyepi pertama saya di denpasar, tempat tinggal suami.. biasanya saya merayakan nyepi di Negara, tempat kelahiran saya. Nyepi kali ini juga terasa berat bagi saya karena saya harus menyiapkan semua rentetan upacara nyepi sendirian tanpa mertua, dan tanpa bimbingan siapapun tentunya karena adat di Negara dan Denpasar berbeda…

Minggu, 2 Maret 2008

Dapet selebaran dari Banjar, pemberitahuan tentang banten untuk pecaruan yang dilaksanakan hari Kamis… saya dan suami membaca dengan seksama.. ada beberapa banten yang tidak saya mengerti… dan hari Kamis saya juga harus membuat prani (sejenis gebogan yang isinya buah dan kue bersusun memanjang).

Senin, 3 Maret 2008

Saya mulai mencicil membeli perlengkapan banten dan prani… beli tebu, kue kering, tempat prani, ikan asin, kacang dan saur.

Selasa, 4 Maret 2008

Beli buah, beli daun, beli janur, buat ketupat.. saya harus buat ketupat untuk dimakan pada hari nyepi,karena ketupat yang paling awet.. nyepi tidak boleh melakukan kegiatan memasak.. kebetulan karena saya tidak akan puasa karena sedang hamil, jadi saya juga harus menyiapkan makanan buat nyepi..

Rabu, 5 Maret 2008

Pulang kerja saya rencananya mulai membuat prani karena besok jam 7 praninya harus sudah ada di banjar. Mudah-mudahan saya bisa membuatnya, karena ini baru pertama kali saya membuatnya sendirian…

Terkait nyepi, banyak sekali ogoh-ogoh yang sudah dipamerkan di pinggir jalan untuk di arak besok kamis. Ogoh-ogoh sendiri adalah simbol dari butha kala, umat Hindu memberikan penghargaan terhadap para butha kala dengan melakukan pecaruan di masing-masing rumah, desa, kecamatan, hingga kabupaten. Agar nantinya para manusia dan para butha kala dapat hidup berdampingan, dan pada hari nyepi karena suasana demikian khidmatnya di Bali (tidak ada satupun kendaraan yang lewat dan tidak ada suara-suara yang terdengar nyaring..), maka mudah2an para butha kala tidak membuat malapetaka….. Swaha….

Selamat Hari Raya Nyepi

Ogoh-ogoh


Leave a Reply

