Tentang Kehamilanku

Sabtu, 23 Februari 2008
Saya termasuk bumil yang bandel…Hari ini saya dan suami pergi ke dokter buat kontrol kehamilanku. Harusnya sih udah seminggu yang lalu, tapi karena sesuatu dan lain hal (uppss… rahasia bow…) akhirnya baru kesampean kontrol hari ini.

Beberapa hari sebelumnya…..
Saya termasuk bumil yang amat bandel, padahal paling suka baca-baca artikel tentang kehamilan, makanan harus dijaga lah, ga boleh ML lah, lalu jangan kecapean sampe jangan bepergian jauh-jauh… Beberapa hari ini saya sangat khawatir dengan perut saya.. saya kok blum ngerasain buncit yah (duhh pengen cepet ajah)… malam-malam suka ga bisa tidur karena pengen pipis terus… hampir tiap 2 jam saya terbangun tiba-tiba lalu pengen pipis (katanya sih normal yah… untuk bumil 3 bulan)…Saya tiba-tiba terbangun karena sering mimpi buruk.. pokoknya buruk.. malah saya pernah mimpi ada bayi yang meninggal dalam kandungan, tapi ga tau bayi siapa. Itulah saya, mimpi buruk lalu tiba2 terbangun syok, ga mikirin bahwa ada baby di dalamnya, jadi syok bangedd rasanya. Lalu ketika saya tidak bisa tidur saya harus mengangkat badan kesana kemari, guling-guling dan sebagainya. Blum lagi saya sangat suka makan mie instant, makan sate.. duh padahal kan bahaya tuh makanan buat baby saya yah… jadi kepikiran juga setelah baca-baca banyak artikel… Makin banyak kita tau makin takut ajah nih… Soalnya saya termasuk tipe yang mudah terpengaruh (kata suamiku).. kata blio, “jangan suka baca yang aneh2 ntar kepikiran trus kebawa mimpi”. Dia slalu mengingatkan hal itu..

Sebulan Setelah Menikah….
Saya adalah bumil yang sangat bandel. Sebulan setelah menikah saya pernah terlambat haid lalu saya test menggunakan test pack(test pack tgl 7 Oktober 2007, saya haid pertama sebelumnya tgl 1 September 2007). Hasilnya positif walau samar-samar. (saya tidak pernah terlambat haid sebelumnya, haid saya selalu maju atau tepat, tapi tidak pernah terlambat). Saya dan suami sangat senang sekali. Saya pikir wah kita beruntung sekali sebulan langsung hamil..” karena pada saat saya menikah saya baru saja selesai haid, jadi kalo langsung jadi itu namanya “magpag rare” kalo dalam bahasa balinya.. Lalu saya pikir.. ahh ke dokternya sebulan lagi ajah deh… Tapi saya bumil yang bandel,,, saya masih mencuci,, masih ML dengan orgasme (maaf) yang masih sama hebatnya.. tapi saya juga stress karena harus membiasakan diri tinggal bersama mertua.. semua jadi satu.. lalu saya pikir ahh tidak apa-apa asal tidak flek.. saya belum berniat ke dokter.. Tapi apa yang terjadi? Tgl 11 Oktober saya keluar darah. Kebetulan pada saat itu, saya sedang sendirian di rumah, suami dan ibu mertua sedang ada acara,, karena hari itu saya merasa lelah saya tidak ikut.. betapa terkejutnya saya ketika saya mendapati banyak darah dalam CD saya… saya menangis sendirian.. saya sms sahabat terbaik saya di saat saya kalut (makasi Fet muah..). Lalu saya telpon suami saya… suami dan mertua datang.. lalu saya menangis lagi, akhirnya karena kebetulan di samping rumah kami ada bidan, saya berinisiatif saja ke sana… Di Bidan saya di test pack lagi, dan hasilnya Negatif bow.. Negatif sekali.. lalu bidannya nanya.. banyak ga keluar darah? Saya bilang banyak.. sampe sakit perut (sakit perutnya beda dengan sakit perut yang sering saya rasakan setiap kali haid). Akhirnya bidannya cuman komentar (setelah melihat ke dalam rahim saya dan meneliti haid saya)… “Ohh ini memang belum terjadi pembuahan, memang blum hamil, ini cuman haid biasa…untuk memastikannya ibu mertua saya disuruh melihatya juga lalu bidannya menjelaskan kalo ada kehamilan ada yang ketutup (apa yah saya ga ngerti karena, karena saya sedang merintih kesakitan).. “ Ya sudah, akhirnya saya diberi obat biar lancar haidnya… tapi saya masih tidak bisa mengerti dengan penjelasan bidan itu.. bidan itu meyakinkan kalo ga percaya silakan di USG di dokter kandungan… saya pikir ya sudahlah saya percaya.. saya berpikir kalo sudah ada pembuahan saya pasti dikuret.. tapi ini tidak, berarti saya memang blum hamil.. Lalu setelah saya baca2 artikel, test pack itu pasti bener kalo hamil, kalo tandanya positif tapi samar, artinya memang pada waktu ditest, kadar HCG saya masih rendah sehingga kelihatan masih samar saja.. Kalo negatif pasti tidak ada garis walau samar sekalipun…Apalagi saya selama ini memang tidak pernah haid.. Akhirnya saya menemukan artikel Abortus Spontan, mungkin itu yang saya alami.. Tapi entahlah, sudah atau belum terjadi pembuahan, yang jelas 90% keguguran itu karena terjadi cacat dalam pembuahan, entah karena spermanya tidak bagus atau kondisi janinnya yang tidak berkembang sempurna.. ya saya terima saja kenyataan ini… saya anggap saja saya memang benar-benar haid…

Sebulan yang Lalu…..
Saya termasuk bumil yang bandel…
Akhirnya saya benar-benar hamil. Tanggal 19 Desember saya test lalu saya lihat hasilnya benar-benar positif dan kali ini terang sekali. Lalu saya langsung memberitahu suami, tanpa pikir panjang saya langsung ke bidan dekat rumah untuk memeriksakan diri, atau siapa tau saya dikasi penguat. Bidannya mengatakan saya memang hamil. Akhirnya saya cuman dikasi vitamin saja tanpa penguat. Karena penasaran saya membujuk suami untuk periksa kandungan ke dokter kandungan. Tanggal 12 Januari saya ke dokter kandungan untuk pertama kalinya. Kalau menurut perhitungan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir), yaitu tanggal 11 November, berarti saat itu kandungan saya telah berumur 7 minggu, saya pikir ohh pasti sudah keliatan janinnya berupa titik (berkat rajin membaca forum diskusi tentang kehamilan hehehe…). Saya di USG untuk dilihat apakah memang sudah ada kantung janin atau memang sudah ada janinnya. Saya was-was setelah selama hampir satu jam dokternya tidak menemukan apapun dalam perut saya. Saya sampai kasian liat dokternya yang memutar-mutarkan alat USG-nya ke perut saya sampai saya juga merintih kesakitan.. Dokternya bersikeras kalo umur segitu (7 Minggu) harus ketemu, takutnya kan BO (Blighted Ovum) atau Hamil Anggur.. Saya juga akhirnya ikut ketakutan… Tapi akhirnya dokternya bilang ohh ada ada… lalu hilang lagi… akhirnya dia bilang ya tadi sudah ketemu.. dan syukur di dalam kok.. kayaknya rahimnya terlalu ke belakang dan perutnya ketebelan.. duhh gendut maksudnya… hehehe.. tapi saya mah percaya ajah apa kata dokternya. Yang penting di dalam lah.. saya juga ga bisa liat karena hitam-hitam ga jelas di layar USG nya… Di layar juga keliatan kalo usia janin saya waktu itu 6w1D (6 Weeks 1 Day).. Oo… ternyata mundur satu minggu dari perhitungan dengan menggunakan HPHT.. tapi gpp lah yang penting ada janinnya.. kami senang sekali… Tanggal 23 Januari, kami merayakan hari raya Galungan… Setelah selesai sembahyang di pura-pura saya kok pengen pulang kampung ke negara yah (kebetulan rumah suami di denpasar), saya bulatkan tekad.. Saya bersiap pulang kampung, tetapi suami tidak bisa menemani karena harus menghadiri rapat di banjar.. ya sudah, saya perginya bersama ibu mertua dan naik bis dong.. Saya memang bumil yang bandel.. di usia kandungan yang masih mau jalan 2 bulan saya akhirnya pergi juga ke negara naik bis.. Persiapannya adalah minum vitamin, susu dan memakai stagen yang dililit2.. dan sepanjang jalan saya tiada hentinya berdoa supaya tidak terjadi apa-apa dengan baby saya. Saya senang sekali dapat ketemu dengan ibu saya dan keluarga besar saya.. wuihh kebayar sudah lelahnya naik bis.. Besoknya saya harus sudah balik ke denpasar.. Tetapi karena bis selalu penuh terpaksa kami ke terminal dulu, alhasil jarak yang biasanya ditempuh Negara-Denpasar cuman 2,5 Jam jadinya molor sampe 6 jam. Tak henti-hentinya saya berdoa semoga baby saya tidak apa-apa.. dan tau ga,, karena saya duduk paling belakang kerasa bangedd getaran-getaran mesin dari bisnya belum lagi kalo ada lobang di jalan. Duhh… saya takut sekali.. tetapi semua saya pasrahkan saja pada Tuhan saya…. Akhirnya saya selamat sampai di rumah.. sampe rumah langsung saya ke kamar mandi dan melihat apakah ada flek atau tidak… syukurlah tidak…. 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s